Popular Post

Posted by : Wiii Selasa, 20 Januari 2015

 Pengertian Subtittles



Subtitle adalah teks bahasa (versi teks) yang telah diterjemahkan yang diambil dari dialog dalam sebuah film, video, program televisi atau sejenisnya yang biasanya ditampilkan di bawah video disaat kita memutarnya. Subtitle tersebut bisa berben- tuk terjemahan dari dialog dalam bahasa asing ataupun tertulis dari dialog dalam bahasa yang sama, dengan tujuan untuk memudahkan penonton memahami bahasa dan membantu penonton yang mungkin menderita tuna rungu (gangguan pendengaran)  untuk dapat mengikuti dialog yang ada dalam film ataupun video tersebut.

Secara umum subttile dibai menjadi 2:
*Open Subtitle adalah subtitle yang bersifat "terbuka untuk semua" dan tidak dapat dihilangkan ataupun dimatikan oleh penonton.
*Closed Subtitle yaitu subtitle yang dirancang untuk kelompok tertentu, dan biasanya dapat diaktifkan, dimatikan atau dipilih oleh penonton.

Dalam distribusinya subtittle dibagi menjadi 3:
**Hardsub - Dikenal juga dengan nama Hardsubs dan merupakan bagian dari Open Subtitle adalah subtitle yang tidak dapat diubah dan telah digabung dalam frame video asli. Efek transisi yang sangat kompleks dan animasi dapat diterapkan, seperti pada teks lirik lagu karaoke yang menggunakan berbagai macam warna, huruf, ukuran dan  animasi (seperti sebuah bola yang memantul) dll untuk mengikuti lirik lagunya. Oleh karena subtitle ini merupakan bagian dari frame asli maka ia tidak dapat dihilangkan ataupun dimatikan dan juga tidak memungkinkan subtitle ini memiliki beberapa pilihan bahasa dalam sebuah film ataupun video.

**Softsub - Dikenal juga dengan nama Softsubs dan merupakan bagian dari Closed Subtitle. Softsub adalah subtitle yang berupa teks petunjuk terpisah dari frame video yang ditampilkan selama pemutaran video. Softsubs relatif mudah untuk dibuat dan diedit, oleh karena itu softsub sering digunakan untuk fansub film yang sering kita download di internet. Biasanya softsub memiliki file terpisah dari videonya dan memiliki format berupa .srt atau .ass. Contohnya: Jika file videonya memiliki nama "the_hacker.mkv", maka subtitlenya akan diberi nama "the_hacker.srt" atau "the_hacker.ass" dimana file subtitlenya berada berdampingan dalam satu folder dengan file video.

**Prerendered - Merupakan bagian dari Closed Subtitle. Subtitle ini juga terpisah dari frame videonya dimana posisinya dilapisi diatas video asli. Karena sifatnya berupa lapisan, maka subtitle ini dapat ditampilkan ataupun dihilangkan serta memiliki kemampuan menyediakan dukungan berbagai pilihan bahasa dalam satu subtitle. Subtitle ini juga memungkinkan untuk diedit, meskipun harus melalui proses yang sangat rumit dan memerlukan bantuan software khusus. Prerendered subtitle biasanya digunakan pada subtitle DVD dan Blu-ray.


#Softsub.
Softsub adalah video yang terpisah antara video dan bahasa ini tentunya kurang enak buat disimpan dalam memori anda,sebaiknya video dan sub bahasa di jadikan satu agar tampak videonya saja dapat dilakukan dengan megui moxing

#Timing.
Timing adalah kegiatan mencocokkan antara takarir dan audio, sekaligus memastikan agar sang penonton bisa membacanya dengan baik.


Link Megui : Download Megui

Aplikasi untuk mensubs video!!
Link Aegisub : Download Aegis


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © CheatMAnime - Date A Live - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -